Apa itu sistem komputer ?

Standard
Apa itu sistem komputer ?
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang sistem komputer. Apa sih Sistem Komputer itu?? ting..mucul lampu kuning hidup..hehe,, ada yang tau gak?? ayo ditebak dulu apa itu sistem komputer?? langsung saja deh kebawah.. monggo :
  • Pengertian Sistem Komputer :
Sistem Komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan . Dalam sistem komputer terdapat 3 jenis perangkat/ elemen, yaitu hardware, software dan brainware. ketiga komponen ini saling berhubungan erat jadi tanpa ada ketiga elemen sistem komputer tidak bisa berjalan.
  • Elemen Sistem Komputer :
1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware komputer secara fungsional dibedakan menjadi empat macam perangkat (device), yaitu :

a. Perangkat masukan (input device)
Contoh : Keyboard, Mouse, Joystick, Scanner, Card reader, Barcode, dll

b. Perangkat Proses (process device)
Contoh : Processor, Motherboard, dll.

c. Perangkat keluaran (output device), dan
Contoh : Printer, Speaker, Monitor, Platter, Card reader, dll.

d. Perangkat penyimpanan (memory/storage device)
Contoh : ROM, RAM, Harddisk, CD Drive, Flash Disk, dll.

2. Software (Perangkat Lunak)
Software adalah sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi unutk menjalankan dana mnegeksekusi suatu perintah. Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu :
a. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, Microsoft Word, Nero, Winamp, dll.
b. Sistem operasi (operating system) misalnya Linux, Machintos, Windows, DOS.
c. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
d. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
e. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
f. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
g. Perangkat lunak gratis (freeware)
h. Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
i. Perangkat lunak perusak (malware)
3. Brainware ( Pemikir)
Brainware adalah tenaga manusia yang mengatur proses dan yang mengoperasikan komputer. Jabatan-jabatan yang umum dikalangan pemakai komputer antara lain :
a. Operator
Bertugas memasukkan data, mengeluarkan hasil (mencetak). Seorang operator setidaknya harus menguasai pengetahuan dasar tentang sistem operasi yang sedang dipakai dan menguasai beberapa paket.
b. Programmer
Bertugas membuat suatu program yang akan digunakan oleh suatu instansi/perusahaan. Selain membuat program, seorang programmer juga harus mampu meng-upgrade program untuk melakukan penyesuaian dan minimal menguasai dengan baik suatu bahasa pemrograman. Selain itu pemahaman terhadap suatu masalah dan kemampuan mengimplementasikan dalam bentuk program juga sangat diperlukan.
c. System Analyst
Bertugas mengidentifikasikan masalah, merencanakan dan menyusun system komputerisasi yang sesuai dengan masalah dalam bentuk diagram, denah, garis besar proses, bentuk masukan dan keluaran. Seorang system analis tidak perlu membuat program tetapi harus memiliki pengetahuan yang baik terhadap bahasa pemrograman, paket-paket program, manajemen, dll yang terkait dengan masalah yang akan dikomputerisasi.
d. EDP
Bertugas mempersiapkan rencana jangka panjang / pendek dari departemennya, menetapkan prosedur-prosedur yang harus dtempuh, dan menyampaikan anggaran untuk departemennya. Seorang EDP harus menguasai ilmu-ilmu komputer dan juga berbagai macam aplikasi yang pernah dibuat oleh departemenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s